Pengembangan Air Bersih PDAM Untuk Wilayah Kaliwungu dan Kawasan Industri Kaliwungu Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah diwilayah Provinsi Jawa Tengah, berjarak 25 km sebelah barat Kota Semarang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah dan berada dijalur Pantura. Melihat posisi tersebut Kabupaten Kendal merupakan kota penyangga dari Kota Semarang, dimana berbatasan langsung dengan Kec. Kaliwungu yang merupakan lokasi Kawasan Industri Kaliwungu dan Pelabuhan Kendal.


Letak geografisnya cukup menguntungkan bagi perkembangan daerah karena terletak pada titik simpangan/ pertemuan prasarana transportasi Semarang – Kendal – Jakarta dan Temanggung – Kendal – Jakarta, dengan batas-batas wilayah :


- Sebelah Utara : Laut Jawa
- Sebelah Selatan : Kabupaten Temanggung dan Wonosobo
- Sebelah Timur : Kota Semarang
- Sebelah Barat : Kabupaten Batang

 


Luas wilayah Kabupaten Kendal ±1.002,23 km², yang terdiri dari daerah pantai/ dataran rendah sebelah utara, perbukitan ditengah dan dataran tinggi/ pegunungan dibagian paling selatan. Kabupaten Kendal beriklim tropis dengan curah hujan tertinggi antara 2.000 – 2.500 mm per tahun. Jumlah penduduk Kabupaten Kendal menurut data statistik tahun 2010 berjumlah : 900.611 orang yang tersebar di 20 Kecamatan / 266 desa dan 20 kelurahan.
Dengan semakin pesatnya perkembangan jumlah penduduk, pembangunan dan industri di Kabupaten Kendal, khususnya dengan adanya Kawasan Industri Kaliwungu yang terintegrasi dengan Pelabuhan Kendal menjadikan permasalahan Pemerintah Kabupaten Kendal yakni perihal pembangunan insfrastruktur penyaluran air bersih. Tingginya angka kebutuhan pemenuhan akan air bersih membuat investasi pembangunan instalasi penyediaan sumber iar bersih di Kabupaten Kendal mutlak harus dilakukan hal ini ditunjang pula dengan kemampuan daya beli masyarakat akan air bersih cukup tinggi.

 

Dengan keterbatasan anggaran yang ada saat ini, PDAM Kabupaten Kendal belum mampu untuk mengembangkan secara optimal pelayanan penyediaan air baku kepada seluruh konsumen di Kabupaten Kendal mengingat kapasitas mata air dan sumur dalam yang baru dapat dioperasionalkan hanya 397,5 lt/detik. Untuk mengatasi maslah ini, maka perlu dicari alternatif lain untuk penyediaan air baku serta dana yang tidak sedikit, sehingga hal ini merupakan peluang bagi investor yang tertarik untuk bekerjasama dengan PDAM Kabupaten Kendal dalam penyediaan air baku di Kabupaten Kendal.

Kondisi Eksisting

Salah satu potensi sumber mata air yang siap dieksploitasi secara optimal adalah Sumber Mata Air “TLOGOMILI” yang terletak diDesa Tlogomili, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal. Saat ini kapasitas yang tersedia ± 40 lt/detik untuk masyarakat di kecamatan Plantungan dan sekitarnya. Selain sumber air Tlogomili ada sumber mata air lain yaitu Sumber Mata Air “KENCEN” di Desa Tirtomulyo, Kecamatan Plantungan dengan kapasitas ± 150 lt/detik dan sampai saat ini belum dimanfaatkan oleh PDAM. Kedua

sumber mata air ini tidak pernah kering sepanjang tahunnya. Adapun jarak Sumber Mata Air sampai ke kecamatan Kaliwungu ± 60 km.
Sumber Mata Air “TLOGOMILI” terletak pada ketinggian ± 900 dpl, sehingga dalam pendistribusian Air Bersih bisa dilakukan dengan sistem perpompaan dan gravitasi langsung ke pelanggan, sehingga akan menghemat pemakaian bahan bakar mesin pompa. Skema perencanaan pembangunan sistem pipa pendistribusian, terlampir.

Prospek dana Potensi Pasar

Penyediaan Air Baku di Kabupaten Kendal untuk keperluan rumah tangga untuk kebutuhan sehari-hari dilayani oleh PDAM. Jumlah sambungan pelanggan PDAM se Kabupaten Kendal s/d tahun 2011 adalah 42.900 SR, baik pelanggan untuk Golongan Rumah Tangga, Niaga, Sosial dan Industri.

Tarif harga air PDAM Kabupaten Kendal, saat ini berkisar :
Harga Rata-rata Non Niaga Rp. Sosial Rp. Niaga Rp Industri Rp
RT1 RT2 RT3 RT4 HU B N 1 N 2 I 1 I 2
4.235 4.822,5 5.950 6.396,25 1.120 1.941,25 6.817,5 8.505 9.450 10.847,5

 

Melihat perkembangan penduduk dan perkembangan industri di Kabupaten Kendal pada saat ini sangat potensial dan prospek untuk berinvestasi dalam penyediaan Sumber Air Baku diKabupaten Kendal, dengan memanfaatkan seoptimal mungkin sumber mata air yang ada. Adapun investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan penyediaan air baku di Kabupaten Kendal, meliputi : 

- Pengembangan system penangkapan mata air (broncaptering)
- BPT (Bak Pelepas Tekan)
- Bak penampung air kapasitas 10.000 m³
- Pipa transmisi dengan diameter 500 m dan panjang ±60 km


Nilai investasi yang ditawarkan dalam proyek pengembangan penyediaan air bersih PDAM ini adalah :

Nilai Investasi : Rp. 314.492.000.000,-
Bentuk Investasi : BOT (Built Operate Transver) atau : KPS (Kerjasama Pemerintah Swasta)
Insentif Investasi : -

Peta Jalur Tlogomili

 

 

 

SKEMA RENCANA PELAYANAN PENGEMBANGAN PDAM KABUPATEN KENDAL DENGAN MEMANFAATKAN MATA AIR TLOGOMILI – PLANTUNGAN

 

 

 

Free business joomla templates